26 Agustus, 2008

Netbeans... Opo n OOP

NetBeans IDE adalah aplikasi open-source, cepat dan bercirikan alat bantu utuh untuk membuat piranti lunak Java. Ia menuruti standar-standar dan jalan pada OS yang telah terinstal Java Virtual Machine.

Arahan-arahan dalam penginstalan Netbeans 4.1 di AMD64, lihat Netbeans4.1onAMD64.

Penginstalan

Untuk menginstal dan menjalankan Netbeans, Anda perlu memiliki Java SDK. Java JRE yang disediakan bersama Breezy (GCJ) tidaklah cukup untuk menginstal dan menjalankan Netbeans. Untuk menginstal Java SDK, lihat "Getting Java" di RestrictedFormats.

Unduh Netbeans dari halaman unduh mereka, pilih versi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Buka sebuah terminal dan pindah ke folder di mana Anda menyimpan berkas hasil unduhan dan menjadikannya dapat dijalankan.

 cd 
chmod +x

Untuk menginstal instalasi system-wide, jalankan berkas tersebut dengan sudo dan ikuti arahan.

 sudo ./

Untuk menginstal pemakai Anda, jalankan berkas tersebut dan ikuti arahan, sederhana. Ketika ditanya, pilih sebuah direktori instal dan pastikan pemakai Anda memiliki akses tulis.

 ./

Catatan: Jika Netbeans tidak dapat mencari JDK, cobalah untuk menambah -is:javahome /usr/lib/jvm/java-* pada perintah instal.

Untuk menjalankan Netbeans, gunakan /bin/netbeans.

Penyiapan Pasca Instalasi

Jika Anda mengintal system-wide sebuah Netbeans yang dibundel bersama Sun's J2EE Application Server, Anda tidak akan dapat menggunakan domain terpilih langsung (domain1) dari akun pemakai yang tak memiliki hak istimewa. Berkas-berkas terinstal dimiliki oleh akun root dan sebagian berkas adalah terproteksi baca/tulis. Sebuah solusi mudah adalah memberikan semua berkas dalam direktori domain1 pada pemakai Anda.

 sudo chown -R : /domains/domain1

Di Netbeans, di "Runtime" klik kanan ke item "Server" ke "Add Server...". Dalam wizard, gunakan direktori SUNWappserver Anda sebagai "Platform Location" dan memilih domain terpilih langsung di kotak drop-down. Setelah klik "Next", masukkan pemakai admin terpilih langsung (admin) dan password (adminadmin) lalu klik "Finish".

Sebuah solusi yang lebih jernih, membuat salinan dari domain1 dan memberikan berkas-berkas di dalamnya pada pemakai Anda. Karena berkas-berkas tersebut berisi bagian dari informasi khusus, Anda harus menyunting berkas bin/starserv dan bin/stopserv.

  sudo cp -R /domains/domain1 
sudo chown -R : /domain1
cd /domain1
gedit bin/startserv bin/stopserv

dalam setiap berkas, cari baris seperti

  INSTANCE_ROOT=/domains/domain1

dan ganti dengan

  INSTANCE_ROOT=/domain1
Di Netbeans, di "Runtime" klik kanan ke item "Server" lalu ke "Add Server...". Di wizard, gunakan direktori SUNWappserver Anda sebagai "Platform Location", pilih "Register Local Domain" dan klik "Next". Gunakan salinan domain1 sebagai "Domain Folder" dan, setelah klik "Next", masukkan pemakai admin terpilih langsung (admin) dan password (adminadmin) lalu klik "Finish".

0 komentar:

Blogger Templates by OurBlogTemplates.com 2007